Manfaat Dan Efek Samping Kaporit Untuk Kolam Renang

Manfaat Dan Efek Samping Kaporit Untuk Kolam RenangKaporit merupakan sebuah bahan kimia yang biasa digunakan seseorang untuk membersihkan kolam renang, selain itu kaporit juga bisa bermanfaat bahan pemutih porseleh serta laryutan pembersih. Sementara kaporti dengan dosis tertentu ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan pH air.

Sehingga pada saat anda menuangkan kaporit didalam kolam renang tak hanya membersihkan air kolam renang saja, namun juga bisa meningkatkan pH air agar bisa menyeimbangkan tingkat keasaman air didalam kolam renang tersebut.

Manfaat Dan Efek Samping Kaporit Untuk Kolam Renang

Namun selain memiliki manfaat yang cukup baik, kaporit ini juga memiliki efek samping yang pastinya tak ingin anda alaminya nanti. Dan berikut ini kami berikan beberapa efek samping pada anda nantinya :

Efek Samping Kaporit

#Mata Merah

Efek Samping Kaporit yang pertama adalah apabila kita melakukan kontak mata lagsung, maka hal ini bisa menyebabkan mata kita menjadi iritasi nantinya. Dan apabila intensitas kontak mata terlalau lama, maka bisa menimbulkan rasa nyeri hingga pembengkakan pada daerah mata anda nantinya. Untuk menghindari hal ini, anda bisa berenang menggunakan kacamata renang nantinya.

#Kulit Kering

Kulit kering ini merupakan salah satu gejala umum jika anda alergi pada klorin. Kulit anda menjadi kering akan mulai dirasakan pada saat anda setelah berenang di kolam renang yang mengandung klorit didalamnya. Kaporit telah merusak lapisan pelindung kulit sehingga membuatnya terasa ketat dan kering.

#Menyebabkan penuaan dini

Efek Samping Kaporit selanjutnya adalah bisa menyebabkan penuaan dini karena terjadinya penumpukan sel kulit mati pad abgain epidermis kulit, sehingga sel kulit menjadi mengeras dan kehilangan sel intinya. Hal ini membuat wajah seseorang menjadi nampak tebal dan tak terlihat segar lagi. Selain itu jerawat dan juga komedo juga mudah muncul nantinya.

Manfaat Dan Efek Samping Kaporit Untuk Kolam Renang

#Membuat rambut rontok dan ketombe

Efek Samping Kaporit selanjutnya bisa membuat batang rambut dan juga membuat iritasi pada kulit kepala penyebab ketombe. Apalagi saat itu kondisi rambut sedang dalam proses kimiawi seperti rebonding, pengeritingan maupun pewarnaan, apabila terkena kaporit ini rambut akan mudah patah. Rambut juga akan terlihat kusam dan susah diatur.

#Asma

Dengan berenang didalam kolam yang mengandung Kaporit, bisa mengganggu jaringan pernafasan pada anak nantiya. Dan yang berbahaya bisa menyebabkan anak-anak terserang asma hingga mengalami masalah peyakit paru-paru nantinya, sehingga sangat tidak dianjurkan jika anak-anak terlalu sering diajak berenang di kolam renang umum nantinya.

#Erosi Gigi

Kandungan kaporit yang ada didalam kolam renang ini ternyata bisa meningkatkan pH air menjadi terlalu asam jika tidak sesuai kadarnya, sehingga jika anda menghabiskan waktu terlalu lama didalam kolam, bisa mengakibatkan kerusakan atau erosi pada gigi nantinya.

#Keguguran

Aktifitas berenang secara umum memang dijadikan kegiatan yang menyenangkan bagi ibu hamil karena bisa mengurangi resiko nyeri saat persalinan nanti. Namun jika mereka berenang di kolam renang yang mengandung kaporit, maka hal ini ternyata sangat membahayakan bagi janinnya karena senyawa kimia tersebut bisa menyebabkan keguguran nantinya.

#Kanker Kandung Kemih

Sebuah penelitian menemukan fakta, jika paparan kaporit yang ada di dalam sebuah kolam renang ini bisa meningkatkan resiko kanker kandung kemih pada seseorang. Secara lebih detail, dengan mengkonsumi kaporit tanpa sengaja saat sedang berenang bisa meningkatkan resiko kanker kandung kemih hingga 57%.

Demikian informasi dari kami tentang manfaat dan efek samping kaporit untuk kolam renang, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*

captcha *