Teknik Pembuatan Kolam Renang Yang Perlu Kita Pahami

Teknik Pembuatan Kolam Renang Yang Perlu Kita PahamiKolam renang adalah sebuah fasilitas rumah yang banyak orang menginginkannya, selain digunakan untuk sarana olahraga, dalam bidang bisnis keberadaan kolam renang ini bisa menjadi salah satu nilai tambah dalam harga sebuah rumah nantinya.

Saat ini sudah banyak sekali bentuk dari kolam renang yang bisa dikerjakan oleh para arsitektur, hal ini diperlukan agar pemilik rumah tidak bosan dengan jenis kolam renang yang ada pada umumnya. Selain itu bisa digunakan sebagai media hiburan juga nanti.

Namun apapun bentuk kolam renangnya, tentu memiliki tehnik yang harus kita pahami, untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang teknik pembuatan kolam renang yang perlu kita pahami kepada anda semua berikut ini.

Teknik Pembuatan Kolam Renang Yang Perlu Kita Pahami

Dalam teknik pembuatan kolam renang yang perlu kita pahami pertama adalah perbandingan bahan yang akan digunakan, yakni : 1:1 ½ : 2 ½ . Maksud dari rumus tersebut adalah :

1 : Semen, 1 ½ : Pasir dan 2 ½ : batu split.

  • Agar mendapatkan kualitas kolam renang yang bagus, maka anda harus memperhatikan kualitas mutu betonnya nanti, silahkan anda gunakan mutu yang bertsandart k-225.
  • Pada saat pengecoran, sebaiknya anda tidak melebihi batas waktu yang di tentukan yakni 8 jam dalam 1 hari, silahkan anda menggunakan vibrator karena dengan ini akan menentukan kualitas dari beton anda akan ada keropos apa tidak.
  • Lalu untuk tehnik pengecoran beton kolam, maka anda harus melakukannya secara langsung. Maksudnya disini adalah anda harus bisa menyelesaikan pengecoran betion pada lantai hingga dindingnya dalam satu hari, hal ini untuk menghindari kebocoran pada kolam renang anda nanti. Apabila tak bisa diselesaikan dalam sehari, maka anda harus memasan waterstop untuk mengantisipasi kebocoran nanti.

#Grouting/Injeksi

Langkah selanjutnya dalam dalam teknik pembuatan kolam renang yang perlu kita pahami adalah Injeksi. Hal ini diperlukan untuk memastikan jika tak ada kebocoran pada kolam renang anda, serta memeriksa pada bagian sambungan beton anda apakah masih ada yang renggang apa tidak.

Teknik Pembuatan Kolam Renang Yang Perlu Kita Pahami

Pekerjaan ini dilakukan sebelum anda melakukan test rendom beton nantinya. Untuk melakukan hal ini, anda bisa melakukannya secaa manual maupun dengan bantuan dari kompresor nanti.

#Test Rendam

Setelah lolos dalam dalam test injeksi, maka langkah selanjutnya adalah melakuakn test rendam untuk memastikan jika tak ada kebocoran pada kolam renang yang anda bangun saat ini. Untuk melakukan test rendam ini membutuhkan waktu yang cukup lama, minimal 3 hari dan paling lama bisa mencapai 1 minggu nantinya, tergantung dengan kondisi cuaca.

Hal ini dikarenakan, letak kolam renang yang ada di luar rumah dan apabila hujan turun maka debit airnya pun akan terus bertambah nanti, dengan begini kita tidak pernah tahu apakah ada kebocoran apa tidak pada kolam renang yang baru kita bangun tersebut.

#Waterproofing

Teknik pembuatan kolam renang yang perlu kita pahami yang terakhir adalah waterprofing. Hal ini diperlukan sebagai pelapis anti bocor pada beton kolam renang, dalam melakukan teknik ini pastikan kolam renang anda dalam keadaan bersih dan kering ya.

Mungkin cukup sekian ulasan dari kami tentang teknik pembuatan kolam renang yang perlu kita pahami. Memang setiap orang atupun arsitek memiliki teknik sendiri-sendiri dalam membangun sebuah kolam renang, namun yang pasti semuanya digunakan agar kolam renang yang dibangun bisa mendapatkan hasil maksimal tanpa ada kebocoran nantinya.

Leave a Reply

*

captcha *