Tips Dan Cara Merawat Kolam Renang Yang Baik Dan Benar

Tips Dan Cara Merawat Kolam Renang Yang Baik Dan BenarDi jaman yang modern ini, memiliki sebuah kolam renang pribadi disekitar rumah merupakan impian semua orang ya ? dengan adanya sebuah kolam renang ini bisa menjadi simbol kemapanan seseorang, dan memang hanya bisa dimiliki oleh orang yang memiliki kekayaan lebih.

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang jenis kolam renang, melainkan tips dan cara merawat kolam renang yang baik dan benar. Melakukan perawatan ini wajib dilakukan bagi mereka yang memiliki fasiilitas kolam renang dirumahnya, karena apabila tak rajin dibersihkan bisa menjadi sarang bakteri penyebab penyakit nantinya.

Tips Dan Cara Merawat Kolam Renang Yang Baik Dan Benar

Nah untuk itu, berikut kami bagikan informasi tentang tips dan cara merawat kolam renang yang baik dan benar yang bisa anda coba nanti :

#Melakukan perawatan 1 Minggu Sekali

Jika anda menggunakan tehnik pembersihan kolam renang 1 minggu sekali, maka berikut langkah-langkah yang bisa anda coba :

  • Silahkan anda berikan Algaecidae pada pagi hari satu minggu sekali. Hal ini sangat berguna untuk mengusir ganggang tanpa merusak ubin kolam renang anda nanti. Hal ini merupakan upaya untuk mengontorl keberadaan ganggang yang ada pada kolam renang.
  • Jika pada kolam renang anda menemukan sebuah partikel logam kecil, maka silahkan anda bersihkan dengan menggunakan bahan kimia khusus yang bisa menghilangkan logam kecil di dalam air.
  • Jika kolam renang anda sudah mulai keruh, maka anda bisa memberikan Clarifier nantinya pada kolam renang anda.

Tips Dan Cara Merawat Kolam Renang Yang Baik Dan Benar

#Melakukan perawatan 2 minggu sekali.

  • Tingkat keasaman yang dimiliki sebuah air adalah sedikit basah, yakni sekitar 7,2-7,6. Maka mengatur keseimbangan air dalam kolam ini sangatlah penting agar nantinya tidak menimbulkan iritasi kulit bagi yang menggunakannya. Untuk melakukan ini, anda bisa menambahkan asam muriatic atau baking soda didalamnya jika kadar airnya terlalu asam. Tidak hanya membuat kulit menjadi rusak, namun peralatan kolam renang bisa rusak olehnya.
  • Sanitasi kolam merupakan sebuah upaya untuk mensterilkan ganggang dan juga bakteri yang bisa dihancurkan dalam kolam. Jika anda memiliki kolam renang yang kotor, maka bakteri dan ganggang bisa berkembang biak sangat cepat nanti. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan memberikan klorin nantinya. Klorin ini tersedia dalam bentuk cairan, butiran maupun tablet, dan setiap kolam renang membutuhkan kadar klorin mencapao 1,0-3,0 ppm.
  • Jika terdapat kotoran seperti daun, sampah plastik atau yang lainnya, maka anda bisa membersihkan dengan menggunakan jaring. Jangan lupa membersihkan ubin kolam juga agar tak ada bercak noda nanti.

#Melakukan Perawatan 1 Bulan sekali

  • Jika anda tipe orang yang suka membersihkan kolam renang sebulan sekali, maka tips dan cara merawat kolam renang yang baik dan benar adalah anda harus memeriksai kadar kalsium yang ada didalam kolam, karena hal ini bisa mengakibatkan air menjadi korosif nantinya.
  • Mengecek kadar keasaman dari air kolam juga sangat penting, idealnya tingkat pH air kolam anda adalah 80-120 ppm, apabila melebihi hal tersebut, maka anda bisa menyeimbangkannya kembali dengan menambahkan baking soda didalamya.

Jika anda memiliki kolam renang pribadi dirumah, yang pasti untuk membersihkan kolam renang adalah kegiatan yang cukup menyebalkan ya ? namun anda harus tetap melakukannya karena ini demi kesehatan keluarga anda nanti. Demikian informasi dari kami tetang tips dan cara merawat kolam renang yang baik dan benar, smeoga bermanfaat.

Leave a Reply

*

captcha *