Tips Membangun Kolam Renang Sendiri

Tips Membangun Kolam Renang SendiriKolam renang merupakan salah satu sarana olahraga yang menyenangkan, dimana seseorang bisa berolahraga sambil bermain didalam kolam yang berisikan air sangat banyak didalamnya. Memiliki kolam renang di sebuah rumah memang menjadi impian semua orang, karena anda nantinya bisa berenang sesuka hati tanpa ada gangguan dari orang lain nantinya.

Nah pada kesempatan kali ini kita ingin berbagi informasi kepada anda tentang tips membangun kolam renang sendiri. Memang membangun sebuah kolam renang biasanya akan dikerjakan oleh sebuah kontraktor pada saat pembangunan rumah tersebut, namun jika anda baru saja terfikirkan membangun kolam saat rumah anda sudah jadi, maka anda bisa membangunnya sendiri nantinya, namun tetap butuh bantuan dengan yang profesional ya. Berikut tips membangun kolam renang sendiri yang bisa anda lakukan :

Tips Membangun Kolam Renang Sendiri

Tips Membangun Kolam Renang Sendiri

#Menggali lubang

Untuk melakukan tugas penggalian lubang ini, anda bisa menyewa seseorang yang bisa menggali lubang dengan menggunakan mesin, karena jika hrus menggali lubang beukuran besar secara manual, akan menghabiskan waktu yang sangat lama nantinya, sementara jika menggunakan mesin nantinya hanya membutuhkan waktu selama 1-2 hari saja, tergantung seberapa besar kolam renang yang anda buat nanti.

#Perkuat Pondasi

Tips membangun kolam renang sendiri selanjutnya adalah, pastikan pondasi yang anda buat untuk kolam renang ini benar-benar kuat dari goncangan gempa bumi misalnya. Hal ini bisa anda lakukan dengan memanfaatkan kerangka baja pada bagian lantai dan juga dindingnya. Untuk pembuatan kerangka ini, anda bisa meminta bantuan dari teman maupun kerabat anda karena untuk mendapatkan kerangka besi ini harus melibatkan orang yang profesional.

Tips Membangun Kolam Renang Sendiri

#Lantai harus kuat

Saat kerangka dari kolam renang ini jadi dan terpasang di tempatnya, maka langkah selanjutnya adalah silahkan anda buat lantai dasar dengan menggunakan beton. Anda bisa meminta saran tukang profesional seberapa banyak campuran semen untuk membuat lantai kolam renang dari beton ini, agar nanti kualitasnya benar-benar terjaga.

#Penutup dinding

Setelah tugas pembuatan lantai menggunakan beton sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan dinding kolam renang, untuk tips membangun kolam renang sendiri yang ini pastikan anda membuat dinding dengan menggunakan beton sekalian saja, hal ini karena anda harus memastikan jika dinding kolam renang anda ini benar-benar memiliki pelpis yang kuatm, agar tidak mudah runtuh saat digunakan dalam waktu yang sebentar saja.

#Menuangkan beton

Untuk membuat kolam renang sendiri, silahkan anda tuangkan beton hingga beberapa lapisan nantinya untuk pembuatan dinding. Anda nantinya bisa menggunakan vibrator semen untuk menghilangkan udara yang telah menempel pada lapisan beton nantinya.

#Sistem tahan air

Setelah pembuatan struktur utama selesai yakni dinding kolam dan lantai dasar, maka tips membangun kolam renang sendiri selanjutnya adalah menerapkan beberapa lapisan tahan air yang diletakkan di bagian dalam dinding dan juga lantain kolam. Untuk melakukan hal ini anda bisa mengerjakananya sendiri nanti, namun anda pastikan sudah menggunakan produk yang memang udah berukualitas dan teruji.

#Pemilihan keramik untuk kolam

Untuk pemasangan keramik ini anda bisa melakukan tehnik umum seperti pemasangan pada lantai rumah atau dapur, namun untuk pemilihan lantainya anda bisa menggunakan keramik yang memiliki tekstur agak kasar, hal ini diperlukan agar lantai tidak licin sehingga tidak membahayakan yang menggunakannya nanti.

Demikian infromasi dari kami tentang tips membangun kolam renang sendiri, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

*

captcha *